Cara membuat surat pernyataan massal dengan menggunakan Microsoft excel
Nama:Muh Reza Pratama
Nim : 200222090
Cara mudah membuat surat Massal dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel
1.pertama ,siapkan 2 buah file. File yang pertama Microsoft Word dimana isinya surat seperti surat pernyataan yang akan diisi dengan nama, Nim, program studi dan alamat mahasiswa yang berbeda-beda.
2.Kemudian di file kedua di Microsoft Excel yang berisikan tabel nama, Nim, prodi dan alamat masing-masing mahasiswa.
3. jika tidak bisa mengetik satu per satu maka pada Microsoft Word yang sudah terdapat surat pernyataan. Setelah itu pada menu Mailings kita pilih select Recipients untuk pilhan pertama untuk mengetik nama-nama dari mahasiswa, tapi karena banyaknya mahasiswa kita akan repot mengetik, maka kita memilih pada bagian kedua(Use Existing List)
4. setelah Use Existing List terbuka mata kita pilih file data mahasiswa yang di Microsoft Excel tadi disimpan .Setelah di pilih filenya akan muncul Select Tabel yang artinye data yang disimpan/dibuat tadi berada d sheet 1,2 atau 3 .Jika diketahui pada sheet dimana disimpan maka klik sheet tersebut lalu OK.
5. Selanjutnya letakkan kursor pada bagian yang ingin diisi, semisalnya nama pilih Insert Merge Field kita pilih nama dan begitu juga langkah selanjutnya untuk mengisi data nim, program studi dan alamat
6 Jangan lupa pada titik dua di depan nama dan nama mahasiswa itu berilah jarak.
7.Untuk melihat tampilan awalnya maka klik menu Preview Results dan akan tampil hasilnya. Dan jika kita melihat secara keseluruhan surat pernyataan Mahasiswa ,maka kita pilih Finish & Merge kemudian pilih Edit Individual Dokumen lalu pilih all temudian klik OK.
8.Maka secara otomatis akan tampil semua sesuai berapa data mahasiswa yang di Microsoft Excel tadi.
Komentar
Posting Komentar